PROVINSI GRONINGEN - BELANDA

PROVINSI GRONINGEN - BELANDA - Hallo sahabat moormiir, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PROVINSI GRONINGEN - BELANDA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Seri Pengetahuan Dunia : Belanda, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PROVINSI GRONINGEN - BELANDA
link : PROVINSI GRONINGEN - BELANDA

Baca juga


PROVINSI GRONINGEN - BELANDA


Sejarah
Berdasarkan dokumen kuno, Groningen telah berdiri sejak tahun 1040. Akan tetapi, peninggalan arkeologi tertua yang ditemukan di sana berusia 3950-3720 SM. Pada abad ke-13 Groningen berkembang menjadi kota perdagangan yang terkenal ke seluruh penjuru Eropa Tengah. Untuk melindungi otoritasnya sebagai kota perdagangan, di sana dibangun city wall. Pada abad ke-15, dibangun Martinitoren setinggi 127 meter sehingga dikenal sebagai gedung tertinggi di Eropa pada saat itu. 
Pada tahun 1614 didirikan University of Groningen yang pada awalnya berupa insitusi pendidikan keagamaan. Pada periode yang sama, provinsi ini berkembang dengan pesat dan mulai banyak didirikan city wall. Banyak acara-acara music dan pesta kembang api dilaksanakan di sana.  Saat Perang Dunia II, Groningen tidak terhindar dari kekacauan perang tersebut. Alun-alun utama kota Groningen, Grote Markt, adalah titik terhancur. 
Populasi
Groningen merupakan salah satu provinsi terbesar yang terletak di bagian utara Belanda dengan total populasi 197,823 (dalam tahun 2014). Groningen disebut sebagai kota pelajar karena komposisi penduduk terbanyak adalah pelajar atau mahasiswa. Di sana terdapat University of Groningen dengan total pelajar 28,000 jiwa dan The Hanze University of Applied Sciences dengan total pelajar 25,000 jiwa. Selain itu, Groningen juga dikenal sebagai kota termuda di Belanda, maksudnya kebanyakan penduduk yang mendiami provinsi ini berusia 20 sampai 24 tahun. 
 Gaya Hidup
Meskipun Groningen bukan kota terbesar, Groningen memiliki peran terbesar sebagai urban centre di Belanda bagian utara juga dijuluki sebagai ‘Metropolis of the North’ dan ‘Martinistad’. Dengan populasi terbanyak adalah para pelajar, maka hal itulah yang mempengaruhi kehidupan dan kebudayaan di sana. Para pelajar berkontribusi di bidang musik, seni, pendidikan dan bisnis sehingga bidang-bidang tersebut berkembang pesat di sana. Banyak museum, gedung teater dan musik, serta bar yang dibangun sebagai tempat pergaulan anak-anak muda daam berkarya. 
Ekonomi
Groningen merupakan pusat perekonomian di Belanda bagian utara. Pabrik-pabrik berskala besar banyak dibangun di sana, seperti pabrik gula, gas alam, pabrik kopi, tembakau, teh, dan pabrik minuman beralkohol. 
Transportasi
Groningen dikenal juga sebagai World Cycling City, dikarenakan 57% jalanan yang dibangun diperuntukkan bagi pengendara sepeda dan pejalan kaki. Pada tahun 2002, Groningen terpilih sebagai The Top Bike City of the Netherlands (Fiesstad 2002). Terdapat tiga stasiun kereta di Groningen, yaitu Groningen, Groningen Europapark, Groningen Noord.
A28 motorway menghubungkan Groningen dengan Utrecht (via Zwolle dan Amersfoort). A7 motorway menghubungkan Groningen dengan Friesland dan Amsterdam (Selatan-Barat), dan Winschoten serta arah Bremen di Timur. Qbuzz merupakan bus kota yang beroperasi ke berbagai rute kota.  Groningen Airport Eelde berjarak 10 kilometer ke arah selatan Groningen yang melayani penerbangan tujuan  ke seluruh Eropa.  



Demikianlah Artikel PROVINSI GRONINGEN - BELANDA

Sekianlah artikel PROVINSI GRONINGEN - BELANDA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel PROVINSI GRONINGEN - BELANDA dengan alamat link https://vandermormir.blogspot.com/2014/11/provinsi-groningen-belanda.html

0 Response to "PROVINSI GRONINGEN - BELANDA"

Post a Comment