PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA

PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA - Hallo sahabat moormiir, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Seri Pengetahuan Dunia : Belanda, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA
link : PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA

Baca juga


PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA


Provinsi Overijssel memiliki luas 3,421 km2 dengan penduduk berjumlah 1.1  juta orang tersebar di 25 pemerintahan kota (municipality). Ibukota dari provinsi ini adalah Zwole. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa belanda serta dialek twents pada daerah Twente.Overijssel membentang dari utara sungai Ijssel. Berbatasan langsung dengan beberapa provinsi di Belanda yaitu Gelderland, Drenthe, Friesland dan juga Jerman lebih tepatnya daerah German Bundesländer North Rhine-Westphalia dan Lower Saxony.
Provinsi yang terletak di timur laut Negara Belanda ini merupakan kombinasi dari kota-kota yang kaya akan keindahan alam dansejarahnya. Provinsi ini memiliki masa lalu hanseatic[1] yang makmur. Kemakmuran tersebut tidak lain tak lepas dari peranan sungai Ijssel. Overijssel memiliki banyak taman-tamanasri meskipun daerah yang berbatasan dengan Jerman saat ini berpopulasi tinggi dengan industri yang aktif.

Sejarah

Daerah Overijssel pertama kali dikenal sebagai bagian dari kekuasaan Oversticht, di bawah uskupUtrecht. Kemudian diijual kepada Charles V pada tahun 1527 dan termasuk dalam daerah kekuasaan Belanda Habsburgs. Overijssel merupakan salah satu dari tujuh provinsi asli Belanda. Pada abad pertengahan, kota-kota hanseatic, seperti Kampen, Deventer, dan Zwolle, merupakan kota yang sangat penting di Belanda hingga Amsterdam berkuasa sekitar tahun 1500an. Bahkan ketika abad pertengahan, Deventer merupakan salah satu dari kota yang paling luas di Belanda, lebih luas dari Amsterdam.
Dalam sejarah, daerah ini telah diperintahi oleh negara yang berbeda-beda. ketika perang dunia ke-II, Overijssel berada di bawah kekuasaan Nazi Germany, kemudianlepas pada April 1945 ketika perang berakhir.
Provinsi ini kemudian menjadi daerah industri yang besar. Distrik Twente di daerah tenggara merpakan salah satu pusat utama industri tekstil di belanda. Di mana pemintalan kapas, tenun, pemutihan sangat menonjol pada abad ke-19.
Pusat-pusat utamanya yaitu di Enchede, Almelo, Hengelo, dan Oldenzaal. Pusat-pusat lainnya yaitu di Deventer, Kampen, dan Zwolle

Bendera

Bendera Overijssel memiliki 5 garis yang berwarna merah, kuning, dan biru. Warna biru merepresentasikan sungai Ijssel. Sedangkan warna merah dan kuning merepresentasikan warna lambangnya.





Keadaan alam, Produksi Setempat, Ekonomi

Pada umumnya Overijssel terdiri dari sekumpulan delta dengan tanah berpasir sertaperbukitan rendahyang dilapisi oleh tanah, potongan woodland, dan juga rawa-rawa rumput yang lembab. Daerah tinggi gambut pernah meluas ke timur laut. Sebagian besar daerah pesisir utara Zwolle terdiri dari daerah rendah gambut, sebagian dilapisi tanah liat. Daerah barat laut pada umumnya merupakan padang rumput, terdiri dari peternakan dan juga penghasil susu; daerah berpasir di sana juga menghasilkan susu dan pertanian. Di daerah pusat Salland terdapat kebun buah-buahan.
Produksi utama dari provinsi ini juga termasuk tekstil, pakaian dan mesin-mesin. Overijseel merupakan bagian dari daerah ekonomi ‘Belanda Timur’ yang berfokus pada tga ilmu dan sector ekonomi: Food Valley, Health Valley, Technology Valley (Twente).

Pemerintahan

Provinsi ini diperintahi oleh provincial council yang terdiri dari 47 orang. Orang-orang tersebut dipilih empat tahun sekali oleh penduduk yang telah memiliki hak untuk memilih. Tanggung jawab mereka adalah untuk menetapkan kerangka kerja, menjalankan fungsi pengawasan dan mewakili kepentingan publik.

Provincial executive

Provincial Executive terdiri dari Queen’s commisionerdan lima anggota terpilih, yang mana masing-masing memiliki peran tersendiri. Tugas mereka antara lain untuk melakukan administrasi sehari-hari provinsi. Provincial executive didukung oleh sekretaris provinsi/direktur yang mengepalai dinas sipil provinsi.
Queen’s commissioner
Ms Ank Bijleveld-schouten menjadi Queen’s commissionerpada tanggal 1 Januari 2011. Queen’s Commissionerdiajukan oleh provincial excecutive kemudian diangkat oleh ratu dalam jangka waktu enam tahun. Dia adalah ketua Provincial Council dan Provincial Executive. Sebagai kepala provincial executive dia juga memiliki hak suara, meskipun dia tidak memiliki hak untuk memilih pada provincial council. Ia merupakan orang yang objektif dalam politik dan mewakili kepentingan Overijssel di hague dan Brussels. Dia memainkan peran penting dalam pengangkatan walikota Overijssel dan bertindak sebagai wajah provinsi pada daerah lain. Dia juga bertanggung jawab untuk kualitas peran pemerintah setempat.

Kota-kota di Overijssel

  1. Zwolle
Zwolle merupakan ibukota dari Provinsi Overijssel yang kaya akan sejarah Hanseatic. Zwolle memiliki sekitar 120,000 penduduk. Kota ini memiliki memiliki peninggalan pusat abad pertengahan yang indah, dengan banyak bangunan yang terjaga dan menarik.Di kota ini terdapat salah satu gerbang yang masih utuh dan menarik yaitu gerbang saxon. Zwolle juga merupakan kota yang sangat hijau dengan banyak taman dan pohon yang berjajar di jalan.
Sejarah
Arkeologis menemukan bahwa kota ini sudah ditempati sejak zaman perunggu. Nama ‘Zwolle’ berasal dari bukit di sekitar kota tersebut. kota ini berkembang dan diberikan hak menjadi sebuah kota oleh uskup Utrecht sekitar abad ke-13.Menjelang akhir abad, Zwolle bergabung dengan "Hanseatic League", sebuah asosiasi serikatkota-kota yang berbasis di sepanjang pantai laut utara sejauh Amerika Baltik.
Pada tahun 1400an, Zwolle merupakan tempat yang sangat makmur dengan hubungan  yang sangat baik. Hubungan dagang ini lah yang membawa kekayaan kepada kota tersebut dan juga kepada para pedagang.
Zwolle memiliki banyak tempat yang bagus untuk dilhat oleh turis. Salah satunya adalah the church of our lady. Gereja ini merupakan gereja katolik yang dibuat pada pertengahan 1400 dan termasuk gereja yang sangat luas di Belanda.
Tempat wisata selanjutnya adalah Museum Stedelijk yang memiliki bagian lama dan juga ada bagian yang baru. Museum ini menampilkan hal yang berkaitan dengan area lokal sejak zaman prasejarah hingga tahun 1900-an.

Enschede

Enchede merupakan kota yang terluas di Overijssel. Kota ini terletak di wilayah Twente. Tempat ini dikelilingi oleh alam dan tempat-tempat yang sangat cocok untuk bersepeda, berjalan kaki dan juga berkuda. Setelah bencana kebakaran besar akibat kembang apipada awal tahun 2000, kota ini menjadi rusak dan masih direkonstruksi hingga hari ini. Meskipun Enschede memiliki sejarah panjang, namun akar sejarahnya tersebut masih diselimuti misteri.Enchede juga disebut sebagai wilayah akademis. Di sana terdapat University of Twente yang mencakupi ilmu–ilmu tentang bisnis, scientific, dan juga teknologi. Pada tahun 2003, Enschede diberi nama‘the greenest city in Holland’.
Sejarah awal tentang kota ini masih belum diketahui. Namun, tampak bahwa pemukiman telah ada pada abad pertengahan di sekitar pasar tua. Pada saat itu permukiman tersebut dinamai Anescede atau Enscede yang mana termasuk pasar, gereja, dan rumah benteng. Enschede diberi hak menjadi kota pada tahun 1300, namun hak tersebut tidak dikonfirmasi hingga tahun 1325 oleh uskup jan III van Diest.
Pada perang dunia II, Enschede beberapa kali dibom olehtentara sekutu yang menujukan sasaran kepada pusat komando Jerman. Pasukan sekutu salah mengira bahwa kota tersebut merupakan bagian dari Jerman.
The Grote Kerk, merupakan gereja sekaligus bangunan tertua di Enchede. Tempat ini merupakan tempat menarik bagi mereka yang menyukai arsitektur abad pertengahan. Untuk mereka yang menyukai bangunan dengan arsitektur modern, Roombeek adalah tempat yang sangat menarik. Kawasan Rombeek juga memiliki banyak area hijau.
Museum Twentse, yang juga terdapat di Roombeek, memiliki banyak pameran yang menarik tentang orang-orang dan kehidupannya di dalam sejarah dan juga pada zaman kuno. Sayangnya pameran ini hanya menggunakan bahasa Belanda dan Jerman.

Almelo

Populasi yang terdapat di kota ini yaitu sekitar 72.000 penduduk. Daerah ini dulunya terkenal dengan industri dan manufaktur. Namun saat ini mengalami penurunan dibandingkan dengan daerah-daerah lain.
Kota Almelo telah ada sejak tahun 1236 ketika sekumpulan kecil rumah-rumah dibangun pada sebuah jalan di seberang sungai. Desa ini tumbuh cepat sehingga bisa diberi status sebagai kota pada pergantian abad ke-14.
Ketika mesin untuk memintal dan menenun tiba di belanda, pedaganglokal dan para pebisnis mulai membangun pabrik yang sangat memberikan keuntungan dan kekayaan kepada kota Almelo. Orang-orang kaya baru mulai membuat rumah untuk mereka. Pemasukan yang banyak tersebut turut membantu pembangunan kanal dan juga kereta api. Kemakmuran tersebut bertahan hingga abad ke 20. Namun akhirnya pemilik tekstil tidak bisa bersaing dengan barang impor yang murah dan harus menutup usaha mereka. Bangunan-bangunan industri tersebut masih ada namun saat ini diguakan sebagai kantor.
Pariwisata
Terdapat sebuah kastil yang berdiri di tengah kota yaitu Huize Almelo. Kastil tersebut masih berdiri hingga saat ini dan memiliki mosaik-mosaik yang indah di salah satu pintu masuknya. Keluarga yang mendirikan kastil tersebut, Van Rechteren Limpurg, masih tinggal di kastil itu dan turut berperan dalam menghidupkan kembali beberapa bangunan bersejarah. Pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke dalam kastil tersebut. Namun pemandangan di taman sekitar kastil tersebut sangat indah.
Almelo juga memiliki beberapa museum. Salah satunya adalah Stadsmuseum. Stadsmuseum Almelo mempunyai informasi tentang kisah awal kota. Wisatawan dapat melihat foto, lukisan, mainan lama dan alat-alat dari tahun 1800an. Selain itu juga terdapat The Grote Kerk yang merupakan bangunan tertua di kota ini.      

Deventer

Kota Deventer yang dibangun di sepanjang tepi sungai Ijssel ini merupakan kota yang sangat bersejarah. Kota ini juga merupakan salah satu kota tertua di Belanda. Deventer memiliki populasi di bawah angka 100.000. Terdapat banyak bangunan lama di sepanjang jalan kota ini.
Sejarah
Indikasi pertama orang-orang tinggal di Deventer ditemukan oleh penggalian arkeologi di luar kota. Hal ini menunjukkan bahwa daerah ini ditempati sejak zaman perunggu. Desa yang berada di tepian sungai sangat makmur dalam perdagangan karena dekat dengan perlintasan sungai. Namun sayangnya desa tersebut dibakar oleh Viking. Namun kota ini secara cepat dibangun dan meraih sukses sehingga dikukuhkan menjadi sebuah kota pada tahun 956.
Kota tersebut berkembang dan sangat makmur karena perdagangan. Sekitar tahun 1500an, Deventer bergabung dengan The Hanseatic League. Hal ini membantu dalam meraih mitra-mitra dan jaringan perdagangan.
Namun di antara abad ke-16 dan 19, arus sungai melambat dan memberikan efek kepada perdagangan Deventer.Pada waktu yang sama, perdaganganmeningkat di area lain Belanda.Selain itu, perang yang terjadi pada abad ke-16 hingga pertengahan abad 27 juga berperan dalam penurunan kemakmuran kota Deventer.
Pada tahun 1800an, Industri-industri berat mulai tumbuh di Deventer seperti besi, mesin berat, sepeda, dan juga tekstil. Saat ini industri ringan dan perdagangan masih berperan penting dalam perekonomian kota Deventer.
Yang paling menarik dari kota Deventer adalah arsitektur dan sejarahnya. Cara yang paling pas dalam menikmati kota ini adalah dengan berjalan kaki menikmati keindahan bangunan-bangunan di sana. Namun Deventer memiliki the Weighing Houseyang berlokasi on the Brink Sq. bangunan ini dibuat pada abad ke-16 dan baru saja dipulihkan. Selain itu juga terdapat museum kota yang menampilkan pameran mengenai sejarah sosial dan industri kota. Di dalam museum ini juga terdapat lukisan karya Terborch dan Han van Meegeren.
Beberapa kali dalam setahun diadakan beberapa festival disini. Ada festival abad pertengahan yang disebut “Op Den Berghe” (diadakan ketika hari kenaikan Isa Almasih), “Deventer Summer Fun Fair” (minggu pertama di bulan Juni), “ International Street Theatre Festival “Deventer On Stilts” (tiga hari di awal Juli), dan juga ‘The Deventer Book Fair’ (diadakan di hari Minggu pertama bulan Agustus - Deventer memiliki tradisi yang telah lama dalam hal percetakan buku), dan lain lain.

Kampen

Kota yang terdapat di sepanjang sungai Ijssel ini memiliki lebih dari 500 monumen bersejarah. Saat ini, Kampen juga terkenal dengan cerutu dan museum tembakaunya.
Berabad-abad lalu sebelah selatan pelabuhan di sini terlindungi oleh sungai Ijssel. Sedangkan sebelah utara dilindungi oleh tembok kota yang kuat. Hingga saat ini kota tersebut masih dibentengi. Gerbang kota abad pertengahan tersebut masih bisa dikunjungi dan menjadi tujuan pariwisata yang menarik. Ketika perang antara Hansa (sekumpulan kota-kota jerman di sebelah utara eropa) dengan Belanda pada pertengahan abad ke 15, Kampen dipilih sebagai sisi yang paling kuat dari Hansa.

Pariwisata Overijssel

Hal yang menarik dari Overijssel adalah wisata sejarah Hanseatic dan taman-taman nasional. Wisata sejarah Hanseatic dapat dinikmati di kota Deventer dan Zwolle yang memiliki beragam arsitektur, tradisi, dan monumen bersejarah. 
Selain mengenai sejarahnya, Overijssel juga terkenal dengan wisata alam yang indah. Salah satu dari tempat tersebut adalah Giethoorn. Desa bersejarah Giethoorn terletak di dekat De Weeribben dimana pelancong dapat memiliki pengalaman tentang kehidupan pedesaan Belanda. Tempat yang terletak di tepi danau ini didirikan pada tahun 1230. Belanda menyebut desa ini sebagai "leukse dorp van Nederland," atau "desa yang paling indah di Belanda."
Desa ini dibangun di sisi danau, di sepanjang kanal kecil dengan jalan-jalan dan rumah-rumah yang dibangun di kedua sisinya serta jembatan kecil yang menghubungkan masing-masing rumah tersebut. pengunjung dapat melihat Giethoorn dari boat.
Wisata alam lainnya yaitu taman nasional De Weerribben. Sebelum menjadi taman nasional, tempat ini merupakan lahan gambut. Cara untuk menjelajahi tempat ini adalah dengan melewati air. Disini pelancong menyewa perahu listrik, perahu dayung, ataupun kano. Di dalam air De Weeriben ini terdapat belut, pike-perch dan juga roach. Banyak spesies burung air dan serangga di sekitar tersebut. Jika beruntung, pelancong dapat melihat berang-berang.


[1]Sebuah konfederasi dagang abad pertengahan di eropa utara (http://www.historytoday.com/stephen-halliday/first-common-market-hanseatic-leaguediakses 28 September 2014)


Demikianlah Artikel PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA

Sekianlah artikel PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA dengan alamat link https://vandermormir.blogspot.com/2014/11/provinsi-overijssel-belanda.html

0 Response to "PROVINSI OVERIJSSEL - BELANDA"

Post a Comment