PARIWISATA BELANDA

PARIWISATA BELANDA - Hallo sahabat moormiir, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PARIWISATA BELANDA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Seri Pengetahuan Dunia : Belanda, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PARIWISATA BELANDA
link : PARIWISATA BELANDA

Baca juga


PARIWISATA BELANDA

PARIWISATA BELANDA
 
            Belanda merupakan sebuah negara kecil di kawasan Eropa bagian barat yang memiliki batas langsung dengan laut lepas. Belanda merupakan daerah yang sebagian besar wilayahnya berada di bawah permukaan air. Namun, semua keadaan yang dahulunya merupakan perairan, bisa diubah menjadi sebuah daerah yang nyaman untuk ditinggali dan dijadikan daerah untuk aktivitas masyarakat sehari – hari. Bahkan lebih dari itu, Belanda mampu memanfaatkan kekurangannya sebagai daerah yang memiliki wilayah sempit untuk membuat daerah tempat tinggal baru lewat inovasi yang diciptakan. 
            Inovasi tersebut diwujudkan lewat sebuah program yang dinamakan polderisasi. Polderisasi merupakan sebuah program pemerintah Belanda dengan mengeringkan daerah yang dahulunya berupa perairan menjadi daratan yang layak untuk dihuni. Pada makalah ini, kelompok kami akan menyajikan tulisan tentang provinsi termuda di negeri Belanda sebagai wujud nyata keberhasilan program polderisasi, yaitu Provinsi Flevoland.
                Selain itu, kami juga menyajikan tulisan tentang pemanfaatan waktu luang, kesenian, serta tempat – tempat pariwisata yang ada di Belanda. Meskipun negara Belanda merupakan negara yang kecil, namun, Belanda memiliki karya seni, dan tempat – tempat wisata kelas dunia yang mempu menarik wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Selain itu, Belanda juga pandai memanfaatkan waktu luang yang mereka miliki untuk melakukan berbagai aktivitas yang mampu menyegarkan pikiran mereka. Dengan aktivitas yang mereka lakukan, mereka juga mampu menghilangkan stres yang mereka dapatkan ketika menghadapi pekerjaan mereka di kantor. 
                Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang dilakukan masyarakat Belanda ketika memiliki waktu luang, tempat wisata, kesenian apa saja yang dimiliki negeri Belanda, serta apa saja yang dimiliki Provinsi Flevoland sebagai Provinsi yang paling baru di negeri Belanda sebagai bentuk nyata keberhasilan program polderisasi.

Waktu Luang Masyarakat Belanda

           Masyarakat Belanda memiliki waktu luang yang sangat berlimpah. Hal ini dikarenakan jam kerja di Belanda termasuk yang paling sedikit di antara negara Uni Eropa lainnya. Berdasarkan survei pada bulan maret 2012, rata-rata jam kerja masyarakat di negara Uni Eropa adalah 37,5 jam per minggunya. Sedangkan jam kerja masyakarat di Belanda hanya selama 30,6 jam per minggunya, dengan kata lain masyakarat Belanda hanya menghabiskan waktu kerjanya dalam satu hari penuh per minggu saja.
Work Hard, Play Hard
           Merupakan motto dari masyarakat Belanda sendiri yang berarti ketika waktunya bekerja maka harus dioptimalkan untuk bekerja dan begitu sebaliknya. Dan biasanya dalam meluangkan waktu luangnya, masyarakat Belanda lebih sering meluangkannya di café dengan secagkir kopi atau di pub dengan segelas bir. Selain itu mereka juga biasa meluangkan waktunya dengan bersepeda untuk sekedar olahraga ataupun rekreasi semata. Hal ini diuntungkan karena di Belanda banyak terdapat jalur sepeda serta jalan di kota-kotanya banyak yang landai. Karena di Belada banyak terdapat taman perkebunan bunga, maka masyarakat Belanda juga sangat menikmati waktu luangnya dengan berpiknik.
Tidak hanya itu saja, pada umumnya ketika bulan Juni di Den Haag, akan diselenggarakan Parkpop. Parkpop merupakan festival musik gratis terbesar di Eropa dengan menampilkan artis-artis lokal maupun internasional. Sehingga masyarakat Belanda akan meluangkan waktunya di bulan Juni untuk pergi ke festival musik tersebut. Maka dari itu, masyarakat Belanda sering membuat banyak agenda di buku catatannya atau di kalendernya, sebagai pengingat jadwal mengenai waktu luangnya

Tempat – Tempat Pariwisata di Belanda
  • Tulisan I Amsterdam
Hasil gambar untuk i amsterdam    
Tulisan Ikonik yang menunjukkan bahwa kita sedang berada di Amsterdam. Terletak di 4 lokasi : Rijksmuseum di museum square, Amterdam Museum, Bandara Schiphol, Nomaden pada event besar, terakhir di VondelPark. Klik link ini untuk lebih lengkapnya https://www.iamsterdam.com/en/


 
  • Museum Plein
Hasil gambar untuk Museum PleinSebuah area terbuka luas yang terdiri dari beberapa museum. Diantaranya : Rijksmuseum, Van Gogh Museum, Stedelijk Museum, Diamond Museum, Royal Concertgebouw  dan kantor konsulat AS




  • Rijksmuseum
Hasil gambar untuk Rijksmuseum
Merupakan museum nasional Belanda yang terletak di bagian timur laut Museumplein di Amsterdam, Belanda. Didedikasikan untuk seni dan sejarah, memiliki koleksi hingga 1 juta obyek. Rijksmuseum di rancang oleh Pierre cuypers. Salah satu koleksi spesialnya adalah lukisan karya master Belanda ‘Rembrandt van Rijn’ yang berjudul ‘The Night Watch’.

  • Dam Square
Hasil gambar untuk Dam Square
De Dam atau Dam Square adalah alun-alun kota yang berada di pusat kota Amsterdam. Dijadikan sebagai salah satu pusat berkumpul warga lokal Amsterdam dan juga pengunjung 
Sering menjadi tempat pertunjukan dari para seniman dan penampil jalanan.  Dam Square dikelilingi oleh tempat wisata lain seperti isatan Royal Palace of Amsterdam, gereja tuga Nieuwe Kerk, Pabrik pengasahan berlian,shopping center dan Museum Madame Tussauds
  • Anne Franks Huis/Anne Frank’s House 
Hasil gambar untuk Anne Frank Huis/Anne Frank House
Anne Frank’s  House adalah bangunan bekas persembunyian Anne Frank dan keluarganya yg sekarang dijadikan sebuah museum. Anne Frank merupakan seorang perempuan keturunan Yahudi yang sangat dikenal karena tulisannya dalam sebuah buku harian ketika ia bersembunyi bersama keluarga dan tujuh orang lainnya di Achterhuis,Amsterdam semasa pendudukan Nazi di Belanda pada Perang Dunia II. Setelah bersembunyi selama dua tahun, mereka dikhianati dan dibawa ke kamp konsentrasi yang mengakibatkan seluruh penghuni Achterhuis tewas kecuali Otto Frank, ayah Anne. Saat Otto kembali ke Amsterdam, asistennya yang bernama Miep Gies menyerahkan buku harian Anne yang ditemukannya. Otto berusaha mempublikasikan buku tersebut karena ia mengetahui harapan putrinya unuk menjadi seorang penulis.Buku harian tersebut diberikan kepada Anne pada ulang tahunnya yang ketiga belas dan mencatat rentetan peristiwa-peristiwa kehidupan Anne dari 12 Juni 1942 hingga catatan terakhir pada 1 Agustus 1944
  • Molen De Gooyer atau De Gooyer Windmill 
Hasil gambar untuk Molen De Gooyer atau De Gooyer WindmillSalah satu dari 8 kincir angin kuno yang masih tersisa di pusat kota Amsterdam. Menjadi yang paling terkenal diantara 7 kincir angin lainnya karena lokasi yang paling dekat dengan kawasan bersejarah kota Amsterdam dan mudah dicapai oleh wisatawan .Saat ini sudah tidak beroperasi lagi dan termasukk salah satu monument nasional Belanda. Berdekatan dengan tempat pembuatan bir yang cukup terkenal di Amsterdam.  
  • De Waag atau The Weigh House 
Hasil gambar untuk De Waag atau The Weigh Housebangunan cantik yang berada di Nieuwmarkt square di tengah pusat kota Amsterdam, Belanda. Bangunan ini dibangun pada abad 15an (1488) dan dahulu merupakan salah satu gerbang kota bagian dari tembok kota yang mengelilingi Amsterdam pada abad pertengahan. Bangunan ini tak lagi berfungsi sebagai gerbang kota pada akhir abad 16 saat wilayah kota Amsterdam mengalami perluasan hingga ke luar tembok kota.

  • Keukenhof (yang dalam bahasa Belanda berarti Kebun Dapur)
Hasil gambar untuk Keukenhofsebuah taman bunga yang terletak di Lisse, Belanda, dan merupakan taman bunga terbesar di dunia. Menurut situs resmi Taman Keukenhof, terdapat tujuh juta kuntum bunga yang ditanam setahun sekali di taman tersebut.Taman ini dibuat pada tahun 1949 oleh calon wali kota Lisse, yang merupakan kota kecil di dekat Amsterdam. Yaitu untuk membuat sebuah pameran bunga agar penanam bunga dari penjuru Belanda dan Eropa dapat memamerkan bunga yang akan membantu Belanda sebagai eksportir bunga terbesar di dunia. Dalam waktu 50 tahun Keukenhof telah menjadi sebuah taman bunga terbesar di dunia. Dibuka setahun sekali pada minggu terakhir bulan Maret sampai pertengahan bulan Mei. Saat terbaik untuk melihat bunga tulip adalah pertengahan bulan April, tergantung pada cuaca. Pada tahun 2009 Keukenhof akan dibuka pada tanggal 19 Maret sampai 21 Mei.
    • Leidseplein atau Leidse Square 
    Hasil gambar untuk Leidseplein atau Leidse SquareSebuah kawasan di Amsterdam yang menjadi salah satu pusat hiburan dan kehidupan malam di Amsterdam. Dengan banyaknya toko,  mall,café, restoran, bioskop, theater,klub malam, hingga kasino

    • Vondelpark
    Hasil gambar untuk VondelparkTahun 1864 sekelompok warga Amsterdam menggalang dana untuk pembangunan taman kota. Dari hasil penggalangan dana tersebut akhirnya dibelilah tanah seluas 8 hektar. Jan David Zocher bersama anaknya, Louis Paul Zocher ditunjuk sebagai arsitek taman. Ruang terbuka hijau itu resmi dibuka untuk publik tahun 1865 dengan nama Nieuwe Park. 
    Saat itu paru-paru kota Amsterdam ini banyak digunakan untuk berjalan-jalan dan juga berkuda. Nama Vondelpark baru digunakan setelah tahun 1867 patung penulis puisi ternama Joost van den Vondel berdiri di sana. Tahun – tahun berikutnya penggalangan dana kembali dilakukan untuk memperluas tanah menjadi 45 hektar. Fasilitas – fasilitas menarikpun ditambahkan, seperti panggung terbuka untuk menggelar konser musik, taman bermain anak-anak, dan horeca atau sektor makanan.
    • Bloemenmarkt
    Hasil gambar untuk BloemenmarktPusat perbelanjaan yang terkenal dengan nama Bloemenmarkt itu adalah satu-satunya pasar bunga terapung di dunia. Bunga-bunga yang menjadi ikon pasar tersebut dijual pada sebuah kios mengapung di atas kanal. Kios-kios itu menggunakan tongkang atau perahu kayu ringan yang kini sudah secara permanen menancapkan jangkarnya di dasar kanal Singel.Bloemenmarkt pertama kali berdiri pada tahun 1862. Saat itu bunga-bunga dari seluruh daerah pedesaan Belanda diangkut menggunakan tongkang untuk dijual di kanal Singel. Lebih mudah berjualan di atas kanal dibandingkan dengan membawa tanaman cantik itu ke atas darat. Sekarang beragam jenis bunga dan bibitnya masih didatangkan dari seluruh penjuru negeri, yang berbeda hanyalah penggunaan transportasinya. Pengiriman kini menempuh jalur darat, meskipun tempat berjualan tetap di kanal Singel menggunakan tongkang.
    • Erasmus Bridge
    Hasil gambar untuk Erasmus BridgeErasmus bridge (Erasmusbrug  dalam bahasa belanda), adalah simbol kejayaan kota Rotterdam. Diresmikan oleh Ratu Beatrix pada tahun 1996, Erasmus Bridge menjadi penegas kekuatan Rotterdam sebagai kota pelabuhan terbesar didunia. 
    • Madurodam 
    Hasil gambar untuk MadurodamSebuah kota miniatur yang terletak di Scheveningen, Den Haag, Belanda. Kota ini adalah model dari sebuah kota Belanda dalah skala 1:25, terdiri dari bangunan-bangunan khas Belanda dan landmarks seperti yang ditemukan di berbagai lokasi di negara tersebut. Tempat kunjungan wisata ini dibangun pada 1952 dan telah dikunjungi oleh puluhan juta orang sejak saat itu. Kota ini dinamai menurut George Maduro,seorang pelajar dari  Curaçao  yang meninggal di  kamp konsentrasi Dachau pada 1945 dan orangtuanya menyumbangkan uang untuk memulai proyek Madurodam


    Kesenian di Belanda
    Belanda merupakan sebuah negara kecil di kawasan Eropa yang memiliki budaya dan seni yang beragam. Belanda juga memiliki beragam seni yang terkenal hingga penjuru dunia. Sebagai sebuah negara kecil, Belanda jika dilihat dari segi kawasan, berada di daerah strategis karena berada di dekat negara Prancis, Jerman, dan juga Inggris yang dikenal memiliki peninggalan berupa kesenian yang berlimpah. Belanda merupakan pionner dalam perkembangan seni di dunia. Negara ini memiliki berbagai pencipta seni terkenal seperti Van Gogh, Vermeer, Frans Hals, Mondriaan, dan Rembrant. 
    Hasil karya seni dari para penciptanya pun dapat dijaga dengan baik dan menjadi salah satu aset penting di bidang seni dan kebudayaan bagi negara Belanda. Koleksi – koleksi karya seni di Belanda di simpang dengan baik di museum – museum yang tersebar di Amsterdam, Eindhoven, Rotterdam, dan Maastricht. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi museum – museum tersebut karena karya seni asli dari para penciptanya masih tersimpan dengan rapi. Banyak nya koleksi yang dimiliki museum – museum di Belanda menjadikannya sebagai negara dengan julukan “pusat kebudayan dan seni dunia”.
    Berikut merupakan para pencipta seni dari Belanda yang terkenal hingga seluruh penjuru dunia, diantaranya,
    • Rembrandt
    Merupakan seorang pelukis dari abad ke 17 M. Dia terkenal dengan lukisannya yang bernama The Knight Watch. Dia merupakan pelukis yang semasa dengan Vermeer. Pada saat itu lukisan dianggap sebagai protret kehidupan dalam masyarakat sehingga banyak dari lukisannya yang menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu.
    • George Hendrik Beitner
    Merupakan seorang pelukis abad ke 19 yang terkenal dengan aliran Impresionis. Pada masa itu, lukisan – lukisan di negeri Belanda dipengaruhi oleh aliran impresionis dari Prancis. Dia memiliki kesamaan persepsi untuk menyajikan sebuah lukisan yang menarik saat itu, sama seperti pelukis terkenal dari Prancis yaitu Courbet dan Mannet. Karya George yang terkenal adalah The Dam, Amsterdam yang dilukis pada tahun 1895.
    • Vermeer
    Sama seperti Rembrandt, Vermeer merupakan seorang pelukis yang lahir pada abad ke 17. Vermeer memiliki karya – karya seni yang identik dengan interior sebuah ruangan sehingga orang – orang menjulukinya sebagai pelukis dengan corak interior. Salah satu karya Vermeer yang terkenal adalah Officer and a Laughing Girl.
    • Van Gogh
    Merupakan seorang pelukis terkenal yang dianggap sebagai penerus Picasso. Van Gogh lahir pada abad ke 19 di Belanda. Van Gogh merupakan inspirasi bagi pelukis – pelukis zamaan itu karena lukisannya yang membuat orang terkagum – kagum. Van Gogh mengambil aliran Post Impresionis untuk lukisannya. Dia merupakan salah satu pelukis yang mengutamakan ketebalan warna sebagai bagian penting dari lukisannya. Salah satu lukisannya yang terkenal adalah Self – Potrait yang menggambarkan wajah asli dari Van Gogh. Menurutnya, lukisan tersebut merupakan cara seseorang untuk melihat dirinya sendiri atau disebut merefleksikan diri sendiri.
    Selain lukisan, Belanda juga kaya akan seni yang lain, yaitu musik, tarian, teater, arsitektur, dan film/fotografi. 
    • Musik
    Belanda memiliki banyak karya dan seni di bidang musik, diantaranya adalah Orchestra dan Opera. Keduanya sudah memiliki predikat baik di dunia internasional. Karya seni orkestra dan opera dari Belanda sering dipertunjukan di teater, gedung pertunjukan, atau pun di perayaan – perayaan tertentu. Orkestra yang terkenal dari Belanda yaitu Amsterdam’s Royal Concertgebouw Orchestra. Orkestra ini sering dipertunjukan baik didalam negeri maupun internasional.
    Selain itu, Belanda juga menyelenggarakan sebuah festival musik internasional yang dikenal dengan nama The Holland Festival yang diselenggarakan setiap bulan Juni di Amsterdam. Selain itu, The North Sea Jazz Festival merupakan sebuah festival musik jazz terbesar di Eropa yang diselenggarakan di Belanda. Secara genre, musik di Belanda tidak memiliki corak khusus dalam perkembangannya, semua jenis musik berkembang dengan baik di negeri ini, karena reputasinya sebagai negara Freedom yang membuatnya tidak membatasi perkembangan apapun termasuk seni musik.
    • Tarian
    Belanda memiliki salah satu genre tarian yang terkenal yaitu Dansa. Dansa dari negeri Belanda sudah terkenal tidak hanya di kawasan Eropa, namun juga Dunia. Belanda menjadi leader dalam perkembangan tarian dansa hingga saat ini. Belanda mengalahkan Brasil, Mexico, Spanyol dan negara – negara lain yang memiliki tradisi dansa yang juga memiliki reputasi baik didunia internasional. Netherlands Dance Theater (NDT) merupakan sebuah group produksi dansa yang terkenal di seluruh dunia. Group dansa ini bertempat di Den Haag. Banyak koreografer yang tergabung dalam group dansa tersebut, diataranya adalah Anders Hellstrom. 
    Dansa di Belanda juga tidak lepas dari peran serta masyarakatnya. Antusias masyarakat begitu tinggi terhadap perkembangan dansa di Belanda. Festival dansa rutin dilaksanakan di Belanda setiap tahunnya, yang mempertunjukkan tarian dansa modern kepada masyarakat. The Springdance Festival yang diselenggarakan di Utrecth dan The Cadance Festival yang diselenggarakan di Den Haag merupakan contoh festival dansa yang dipertunjukkan di Belanda.
    • Arsitektur
    Arsitektur bangunan di Belanda merupakan salah satu hasil karya seni yang dilindungi oleh pemerintah Belanda. Bahkan, pemerintah juga mau membayar lebih untuk keperluaan perawatan bangunan – bangunan yang dianggap menjadi warisan budaya dari para pendahulunya. Belanda memiliki corak arsitektur dari bangunan abad 18 dan 19 yang terkenal di seluruh dunia. Corak arsitektur di Belanda tidak kalah dibanding dengan Prancis, Spanyol, dan Jerman yang dikenal memiliki arsitertur bangunan kuno yang bernilai tinggi. 
    Arsitektur bangunan Belanda pada abad 18 dan 19 masih terjaga dengan baik hingga sekarang. Bangunan – bangunan tersebut memiliki corak yang lebih modern dibanding banguanan – bangunan di Prancis atau Jerman. Lebih dari 50.000 bangunan kuno di Belanda, dilindungi dan dilestarikan oleh pemerintah Belanda. Arsitektur di Belanda lebih mengutamakan inovasi dengan memanfaatkan alam sebagai media untuk menyempurnakan bangunan – bangunan yang dibangun dan memadukan corak arsitektur kuno dengan modern. Oleh karena itu arsitektur di Belanda lebih dikenal Inovatif dan Modern dibandingkan negara lain, yang mengutamakan sisi kemewahan dalam pembangunan gedung – gedung. 
    • Film/Fotografi
    Industri film di Belanda tidak sebesar di Amerika Serikat atau di Prancis, namun, film yang dihasilkan oleh negeri Belanda mampu beraing di dunia Internasional. Disamping itu, perkembangan film di Belanda bisa dikatakan berkembang dengan cepat. Belanda tidak memiliki banyak aktor dan aktris terkenal yang berasal dari Belanda, namun dengan sedikitnya jumlah aktor dan aktris mereka, justrus merka pernah mendapat gelar Oscar (gelar aktor dan aktris terbaik didunia) diantaranya adalah Marleen Gorris dan Mike van Diem. Beberapa film juga menjadi salah satu film dengan reputasi baik di dunia Internasional, yaitu Robocop dan Basic Instinct karya Paul Verhoeven, serta Speed dan Twister karya Jan de Bont. Selain itu, Belanda juga menyelenggarakan festival Film yang rutin diselenggarakan setiap tahun, diantaranya Rotterdam Internatioanl Fim Festival yang diselenggarakan di bulan Februari, Amsterdam’s Internatioanl Documentary Film Festival yang diselenggarakan pada bulan Desember, The World Wide Video Festival yang diselenggarakan pada bulan April, serta Utrecht’s Dutch Film Festival yang diselenggarakan setiap bulan September.

    Dibidang fotografi, kaum muda di negeri Belanda justru sangat tertarik untuk menekuni bidang ini. Dengan semakin majunya teknologi saat ini, semakin mudah dan semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh kaum muda di Belanda tentang seni fotografi. Fotografi yang mengambil tema dokumenter, sangat populer di kalangan anak muda di Belanda. Pada tahun 1975, Belanda telah menyelenggarakan The World Press Photo Exhibition yang pertama kali. Perkembangan fotografi di Belanda sudah ada sejak abad ke 19. Sejak saat itu, fotografi di Belanda mulai berkembang dan mulai manjadi salah satu bidang yang ditekuni. Koleksi foto mulai dari abad ke 19 bisa kita lihat di Amsterdam’s Rijksmuseum, Stedelijk Museum di Amsterdam, dan di Leiden University.


    Demikianlah Artikel PARIWISATA BELANDA

    Sekianlah artikel PARIWISATA BELANDA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel PARIWISATA BELANDA dengan alamat link https://vandermormir.blogspot.com/2014/11/pariwisata-belanda.html

    0 Response to "PARIWISATA BELANDA"

    Post a Comment