MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA

MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA - Hallo sahabat moormiir, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA
link : MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA

Baca juga


MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA



MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA
            Zaman prasejarah merupakan zaman sebelum dikenalnya tulisan, sedangkan zaman sejarah merupakan zaman yang telah mengenal tulisan. Pada zaman sejarah, masyarakat sudah mengabadikan suatu peristiwa penting dalam bentuk tulisan. Setiap wilayah di dunia memasuki zaman sejarah dalam waktu yang berbeda-beda, seperti Mesir Kuno, Cina Kuno dan Yunani Kuno sekitar tahun 3000 sebelum Masehi. Sedangkan di Indonesia baru terjadi pada tahun 800 Masehi. Hal ini bisa dilihat dari manuskrip – manuskrip yang ditemukan di berbagai tempat di wilayah tersebut.
Kehidupan manusia memiliki bagian sejarah yang belum terungkap dan belum dapat dikaji oleh para peneliti. Seperti sejarah asal usul manusia pertama di dunia, di dalam ajaran agama Yahudi, Kristen dan Islam mengakui keberadaan Nabi Adam AS. Namun mengenai dimana lokasi Nabi Adam pertama kali turun di bumi ini? Hal menimbulkan banyak opini dari masyarakat dan peneliti. Seperti halnya pendapat yang mengatakan bahwa di Indonesia terdapat Pyramid di situs Gunung Padang daerah Jawa Barat, namun hal ini tidak sesuai dengan data di lapangan yang ada. Menurut para peneliti, jika dilihat dari sisi lain bentuknya tidak menyerupai Pyramid, maka dapat disimpulkan bahwa di Indonesia tidak terdapat Pyramid. Sejarah dunia memiliki peristiwa besar, beberapa peristiwa diantaranya adalah:
·      Peristiwa banjir yang terjadi pada masa Nabi Nuh
·      Baduy (Batara tunggal atau Yang Maha Esa) yang memiliki istilah Batara Cikal yang dimaksudkannya adalah Nabi Adam, dan istilah Batara Tujuh yang dimaksudkannya adalah Nabi Muhammad
·      Atlantis yang merupakan sebuah kota yang menjadi magnet para peneliti masa silam dan para pencari harta karun. Atlantis juga ditengarai sebagai suatu wilayah yang pernah jaya pada waktu silam.
Peristiwa di atas perlu diadakan penelitian lebih lanjut, karena penelitian tidak terlepas dari peran masyarakat, pada hakekatnya penelitian dilakukan untuk membantu masyarakat mempelajari dan memahami peristiwa tersebut.
Sebagian masyarakat mempercayai bahwa Indonesia merupakan pusat peradaban dunia, hal ini berdasarkan legenda dan dongeng dari nenek moyang. Selanjutnya timbul pertanyaan besar bahwa “Adakah peradaban besar di Indonesia?”. Pada dasarnya sudah di lakukan riset-riset yang baik dari para peneliti, namun sebagian hasil riset tersebut tidak sampai kepada masyarakat yang menyebabkan masyarakat tidak mengetahui lebih jauh mengenai penelitian tersebut. Selain peneliti, terdapat pihak-pihak yang meneliti mengenai sejarah, hal ini  menimbulkan berbagai pendapat dan juga opini yang berbeda-beda dari hasil penelitian yang mereka lakukan, kemudian hal ini tersebar luas dikalangan masyarakat.
Para ilmuwan, budayawan, dan media juga memiliki kelemahan yang menyebabkan kebudayaan Indonesia tidak maju. Masalah lainnya yang dialami dalam penelitian sejarah yaitu para peneliti hanya menemukan bukti sejarah yang sedikit namun banyak yang mengklaim beberapa teori atau penemuan. Sehingga timbul pertanyaan baru “mengapa prasejarah Indonesia tidak maju?”. Apabila dilihat dari tahun sebelumnya telah terdapat beberapa peristiwa yang menyebabkan prasejarah Indonesia tidak maju, seperti adanya bencana alam sehingga kebudayaan prasejarah hilang, kurangnya perhatian terhadap prasejarah Indonesia dari peneliti dalam negeri, banyaknya penelitian dengan ragam latarbelakang dan tidak terselesaikannya penelitian tersebut, sehingga membuat masyarakat Indonesia menjadi rancu akan zaman prasejarah.

Sumber:
Dr. Ali Akbar, Arkeolog Universitas Indonesia , Kuliah Umum Mata Kuliah Kebudayaan Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Kamis, 13 September 2012


Demikianlah Artikel MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA

Sekianlah artikel MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA dengan alamat link https://vandermormir.blogspot.com/2015/09/masalah-masalah-prasejarah-indonesia.html

0 Response to "MASALAH – MASALAH PRASEJARAH INDONESIA"

Post a Comment