Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab

Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab - Hallo sahabat moormiir, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Seri Pengetahuan Dunia - Arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab
link : Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab

Baca juga


Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab



 Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab
oleh Muhammad Fakhri Pratama

Republik Arab Mesir
            Mesir (adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara bagian timur laut mencakup Semenanjung Sinai. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan ialah Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur.
            Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil, hal ini disebabkan sebagian besar daratan Mesir merupakan bagian dari gurun Sahara. Mayoritas penduduk negara Mesir adalah Islam. Mesir diakui secara luas sebagai pusat budaya dan politikal utama di wilayah Arab dan Timur Tengah.

Republik Irak (Al Jumhuriyah al Iraqiyah)
            Al-Iraq adalah nama yang digunakan oleh orang-orang Arab sendiri untuk daerah ini sejak abad ke-6. Irak merupakan sebuah negara di Timur Tengah atau Asia Barat Daya, yang meliputi sebagian besar daerah Mesopotamia serta ujung barat laut dari Pegunungan Zagros dan bagian timur dari Gurun Suriah. Negara ini berbatasan dengan Kuwait dan Arab Saudi di selatan, Yordania di barat, Suriah di barat laut, Turki di utara, dan Iran di timur. Irak mempunyai bagian yang sangat sempit dari garis pantai di Umm Qashr di Teluk Persia.

Kerajaan Hasyimiyah Yordania (Al-Mamlaka al-Urduniyya al-Hashemiyya)
            Yordania adalah sebuah kerajaan di Tepi Barat Sungai Yordan. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di timur dan tenggara, Irak di timur-laut, Suriah di utara dan Tepi Barat dan Israel di barat, berbagi kekuasaan atas Laut Matidi. Teluk Aqaba terdapat pelabuhan satu-satunya milik Yordania adalah di ujung barat-daya,  yang sebagiannya juga dikuasai oleh Israel, Mesir, dan Arab Saudi. Lebih dari separuh Yordania diliputi oleh Gurun Arab. Tetapi, bagian barat Yordania berupa hutan dan lahan layak tanam. Yordania adalah bagian dari Bulan Sabit Subur. Ibu kota dan pusat pemerintahannya adalah Amman.

Republik Lebanon
            Lebanon adalah negara di Timur Tengah, yang terletak di sepanjang Laut Tengah, dan berbatasan dengan Suriah di utara dan timur, dan Israel di selatan. Lebanon menganut sebuah sistem politik khusus yaitu konfesionalisme, yang dimaksudkan untuk membagi-bagi kekuasaan samarata mungkin di antara aliran-aliran agama yang berbeda-beda. Lebanon dianggap sebagai ibukota perbankan di dunia Arab dan umumnya dianggap sebagai Beirut, dirujuk oleh banyak orang sebagai "Parisnya Timur Tengah.

Arab Saudi (al-Mamlakah al-‘Arabiyah as-Su‘udiyah)
            Kerajaan Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun karena sebagian besar wilayahnya terdiri atas gurun pasir, gurun pasir yang terbesar Arab Saudi adalah Rub Al Khali. Negara Arab Saudi ini berbatasan langsung dengan Yordania, Irak, Kuwait, Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, dan Laut Merah.
            Pada tanggal 23 September 1932, Abdul Aziz bin Abdurrahman as-Sa'ud memproklamasikan berdirinya Kerajaan Arab Saudi atau Saudi Arabia dengan menyatukan wilayah Riyadh, Najd, Ha-a, Asir, dan Hijaz. Abdul Aziz kemudian menjadi raja pertama pada kerajaan tersebut. Dengan demikian dapat dipahami, nama Saudi berasal dari kata nama keluarga Raja Abdul Aziz as-Sa'ud

Republik Arab Suriah (al-jumhūriyyaħ al-arabiyyaħ as-sūriyyaħ)
            Suriah adalah negara yang terletak di Timur Tengah, dengan negara Turki di sebelah utara, Irak di Timur, Laut Tengah di barat dan Yordania di selatan. Suriah beribukota Damaskus.

Republik Yaman
            Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang keturunan Arab di Indonesia sebagian besarnya berasal dari negara ini. Yaman merupakan negara kepulauan yang wilayahnya meliputi lebih dari 200 pulau. Pulau terbesarnya, Sokotra, terletak sekitar 415 kilometer dari selatan Yaman, di lepas pantai Somalia. Yaman adalah satu-satunya negara republik di Jazirah Arab.

Libya
            Libya adalah sebuah negara di wilayah Maghrib Afrika Utara. Libya berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara, Mesir di sebelah timur, Sudan di sebelah tenggara, Chad dan Niger di sebelah selatan, serta Aljazair dan Tunisia di sebelah barat. Kota terbesarnya, Tripoli, adalah rumah bagi 1,7 juta dari 6,4 juta rakyat Libya. Tiga pembagian wilayah tradisional negara ini adalah Tripolitania, Fezzan dan Cyrenaica.

Republic of Sudan
            Sudan adalah negara yang terletak di timur laut benua Afrika. Sebelum referendum yang memisahkan Sudan menjadi dua bagian, Sudan merupakan negara terluas di Afrika dan di daerah Arab. Negara ini berbatasan dengan Mesir di utara, Laut Merah di timur laut, Kongo dan Afrika Tengah di barat daya, Chad di barat, dan Libya di barat laut. Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia.
            Ibu kota negara ini adalah Khartoum, yang merupakan pusat politik, kebudayaan, dan perdagangan. Sementara Omdurman sebagai kota terbesarnya. Dengan jumlah populasi sebesar 42 juta jiwa, Islam Sunni merupakan agama resmi dan terbanyak dianut, sementara bahasa Arab merupakan bahasa resmi negara ini secara de jure dan bahasa Inggris secara de facto.

Kerajaan Maroko
            Maroko adalah sebuah negara di barat laut Afrika yang mempunyai garis pantai yang panjang dekat Samudra Atlantik yang memanjang melewati Selat Gibraltar hingga ke Laut Tengah.

Republik Tunisia
            Tunisia adalah sebuah negara Arab Muslim di Afrika Utara, tepatnya di pesisir Laut Tengah. Tunisia berbatasan dengan Aljazair di sebelah barat, dan Libya di selatan dan timur. Di antara negara-negara yang terletak di rangkaian Pegunungan Atlas, 40% wilayah Tunisia berupa padang pasir Sahara, sisanya tanah subur.

Kuwait
            Kuwait adalah negara monarki yang kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Ia berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Nama 'Kuwait' berasal dari kata Arab yang bermakna "benteng yang dibangun dekat air".

Aljazair
            Aljazair terletak di barat-laut Afrika dengan pantai sepanjang Laut Tengah di sebelah utara, berbatasan dengan Tunisia di timur laut, Libya di timur, Niger di sebelah tenggara, Mali dan Mauritania di barat laut, dan Maroko di barat. Nama Algeria berasal dari nama ibu kotanya Aljir yang berarti kepulauan. Ini mungkin merujuk kepada 4 buah pulau yang terletak berdekatan dengan Aljir.

 Uni Emirat Arab (United Arab Emirates)
            UEA adalah sebuah negara persatuan dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Tujuh emirat ini adalah: Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain.

Kerajaan Bahrain
            Bahrain adalah sebuah negara kepulauan di Teluk Persia yang tidak mempunyai perbatasan. Teluk Bahrain memisahkan negara ini dengan Qatar dan Arab Saudi. Tetangga Bahrain, Arab Saudi terletak di sebelah barat dan disambungkan ke Bahrain melalui Tambak Raja Fahd yang dibuka secara resmi pada 25 November 1986 dan Qatar di sebelah selatan menyeberangi Teluk Persia.

Qatar
            Qatar adalah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab. Batasnya di selatan adalah Arab Saudi dan sisanya dibatasi Teluk Persia.

KesultananOman (Salṭanat ʻUmān)
            Oman adalah sebuah negara Arab di Asia Barat Daya di pesisir tenggara Jazirah Arab. Oman berbatasan dengan Uni Emirat Arab (UEA) di barat-laut, Arab Saudi di barat, dan Yaman di barat-daya. Pesisir ini dibentuk oleh Laut Arab di tenggara dan Teluk Oman di timur-laut. Enklave Madha dan Musandam dikelilingi oleh UEA di perbatasan daratnya, dengan Selat Hormuz dan Teluk Oman membentuk perbatasan pantai Musandam.

Mauritania
            Mauritania adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat laut Afrika. Pesisirnya menghadap ke Samudra Atlantik, di antara Sahara Barat di sebelah utara dan Senegal di selatan. Ibu kota sekaligus kota terbesarnya ialah Nouakchott yang terletak di pesisir Atlantik.

Somalia (As-Sumal)
            Somalia adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Negara ini berbatasan dengan Djibouti di barat laut, Kenya di barat daya, Teluk Aden dan Yaman di utara, Samudra Hindia di sebelah timur, dan Ethiopia di sebelah barat.

Palestina
            Palestina adalah sebuah daerah di Timur Tengah antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Status politiknya masih dalam perdebatan. Sebagian besar negara di dunia termasuk negara negara anggota OKI, ASEAN, dan Gerakan Non-Blok mengakui keberadaan baik negara Israel maupun negara Palestina.

Djibouti
            Djibouti adalah sebuah negara yang terletak di Afrika Timur persisnya di Teluk Aden, pintu masuk Laut Tengah. Merdeka pada 27 Juni 1977. Dulu dikenal sebagai Tanah Somalia Perancis atau Afar dan Assa lalu berubah menjadi Djibouti. Bertetangga dengan Ethiopia di selatan dan Somalia di tenggara.

Perserikatan Komoro
            Komoro adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Hindia yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Komoro terletak di penghujung utara Selat Mozambik, di antara Madagaskar and Mozambik. Wilayahnya terdiri dari 3 buah pulau utama: Grande Komoro, Anjouan dan Moheli. Nama negara ini berasal dari kata al-Khamar yang bermakna 'pulau bulan kecil'. Ibu kotanya ialah Moroni yang terletak di Grande Komoro.



Demikianlah Artikel Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab

Sekianlah artikel Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab dengan alamat link https://vandermormir.blogspot.com/2015/09/deskripsi-singkat-negara-negara-arab.html

0 Response to "Deskripsi Singkat Negara-Negara Arab"

Post a Comment